Zero Plastic & One Bottle and One Bowl

Rangkaian kegiatan yang bertajuk SD N 1 Wonosobo ikut hadir menyelamatkan Bumi mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan launching program SD N 1 Wonosobo yaitu Program Zero Plastic dan One Bottle and One Bowl. Hadir dalam launching tersebut Ka. Bag. Pengembangan Kurikulum dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo Bapak H. Slamet Faizi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan kepada seluruh hadirin agar program ini tidak hanya sekedar program, tidak hanya dilaunching. Namun beliau berpesan agar seluruh warga SD N 1 Wonosobo berkomitmen tinggi dalam menjalankan program sehingga tujuan dari program dapat terwujud. Beliau menambahkan agar program seperti ini mampun memberikan inspirasi bagi sekolah lain sehingga nantinya Wonosobo mampu menghasilkan generasi yang peduli lingkungan.

Launching Program Zero Plastic dan One Bottle and One Bowl ditandai dengan penandatanganan logo kedua program tersebut oleh Ka.Bag. Pengembangan Kurikulum dan Penjaminan Mutu Pendidikan Bapak H Slamet Faizi, M.Pd didampingi oleh Kepala Sekolah Ibu Turdiyati, S.Pd,M.M.Pd dan Ketua Komite SD N 1 Wonosobo Iswo Prayogo. Setelah penandatanganan logo program tamu undangan langsung menandatangani Komitmen yang tertulis pada bentangan kain putih sepanjang 6 meter.

Siswa membubuhkan tandatangan tanda komitmen

Ditemui pada sela-sela kegiatan, Kapala SD N 1 Wonosobo Ibu Turdiyati S.Pd. M.M.Pd menyampaikan dalam mengawal komitmen program tersebut kami seluruh warga sekolah dalam hal ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, wali siswa, komite sekolah dan masyarakat yang melaksanakan hubungan langsung dengan SD N 1 Wonosobo akan menandatangani komitmen bersama pada sebuah bentangan kain putih yang bertuliskan komitmen SD N 1 Wonosobo yang ikut hadir dalam menyelamatkan bumi. Tindakan nyata dari program One Bottle and One Bowl yaitu seluruh siswa dan warga sekolah akan selalu menggunakan botol minum dan wadah makan untuk berbelanja makanan baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu untuk mengawal dan berkomitmen dalam program Zero Plastic setiap bulan akan diadakan penimbangan sampah plastik yang dihasilkan oleh masing- masing kelas oleh tim yang sudah dibentuk. Tidak lupa Satgas Adi Wiyata yang sudah dilantik akan selalu berpatroli di sekolah untuk memastikan program yang dicanangkan dapat berjalan optimal. Harapan kami selaku┬ápendidik di SD N 1 Wonosobo adalah semoga program ini dapat tertanam di hati semua siswa, sehingga dapat terus dilaksanakan hingga nanti kelak dewasa anak – anak kami akan tumbuh menjadi pribadi yang benar – benar menjadi penyelamat Bumi.
Oleh:chepyAlBatangi

Tinggalkan Balasan